Agenda
Juli
05
2019
Juni
28
2019
Juni
25
2019
Juni
20
2019
Jumlah Pengunjung
Bulan Gus Dur
Beranda » Berita » Bulan Gus Dur

Festival Film Pendek Jombang 2019

Tema FFPJ 2019
Ada 2 tema yang ditawarkan oleh panitia kepada peserta Festival Film Pendek Jombang 2019 untuk dipilih yaitu :

  1. Sejarah Tempat Wisatadi Jombang
  2. Sejarah Pondok Pesantren di Jombang

Kriteria Umum
Diperuntukkan Seluruh Sineas Indonesia

Kriteria Karya

  • Film Harus Menarik, Komunikatif, Inspiratif dan membangun inovasi baru
  • Menarik: menggambarkan aspek yang sesuai tema secara lugas atau suasana tertentu yang menjadi latar film. Bila dalam bentuk drama/cerita, terdapat penyajian konflik yang memerlukan solusi penyelesaian. Sementara bila dalam bentuk dokumenter, menyajikan suatu persoalan/ permasalahan yang memerlukan solusi penyelesaian pula.
  • Komunikatif: menggunakan unsur gambar (visual) dalam menuturkan cerita atau menyampaikan pesan. Unsur suara (dialog, musik, sound effect) yang digunakan sebagai penunjang dalam memperkuat penyampaian pesan dalam karya film.
  • Inspiratif: dapat membangkitkan kesadaran masyarakat tentang media diseminasi paling efektif yakni film.
  • Merupakan ekspresi yang bersifat bebas tetapi tetap menjaga nilai-nilai kesopanan: tidak menyinggung SARA (suku, agama, ras, dan antar-golongan), serta tidak mengandung unsur pornografi.
  • Menekankan ide atau gagasan dengan tetap mempertimbangkan unsur keindahan dari sudut teknis, baik kamera, artistik, pengadeganan, musik, dan editing.

Kerangka Isi Karya Film
(1) Starting: Logo FFPJ 2019
(2) Bumper FFPJ 2019
(3) Opening: Main Title
(4) Content (Isi Film)
(5) Ending: Fade Out
(6) Closing:

 Credit Title (Nama Pemain dan Tim Produksi)
 Ucapan Terimakasih/Dedikasi
 Imposing Copyright FFPJ 2019 – Dinas Kominfo Kabupaten Jombang
 Blank


Kriteria Teknis
a. Kriteria Teknis Umum

  1. Menggunakan kamera digital (DSLR, Handy-Cam, GoPro, dsb.) atau gadget jenis lainnya yang menggunakan format HD (High Definition), Durasi Film: Maksimal 10 (sepuluh) menit.
  2. Menggunakan footage dan stockshot gambar yang dibuat di Kabupaten Jombang yang dibuat / diproduksi minimal diatas tahun 2018.
  3. Seluruh musik ilustrasi atau tema harus dikerjakan sendiri.

b. Kriteria Teknis Karya Peserta
Film dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital dengan alternatif:
Video Format: MP4 1080p

Mekanisme Pelaksanaan Festival
Festival Film Pendek Jombang Tahun 2019 di Kabupaten Jombang dilaksanakan dengan sistem daring (on-line), dengan mekanisme sebagai berikut:
Tahap Pendaftaran Karya Film Peserta

  • PadaApril 2019, Dinas Kominfo Kabupaten Jombang menginformasikan sekaligus mengumumkan informasi Festival Film Pendek Jombang 2019 dengan sistem on-line. Pemberitahuan tersebut juga mencakup: tema FFPJ 2019, mekanisme pelaksanaan lomba, kriteria peserta & kriteria karya.
    Festival Film Pendek Jombang 2019
  • Peserta seleksi FFPJ 2019 yang memenuhi kriteria peserta mendaftarkan karya film pendek mereka secara on-line dengan mengirimkan karya dan informasi data diri ke email panitia penyelenggara kominfo@jombangkab.go.id
  • Batas akhir masa pendaftaran karya: 15 Juni 2019.

Dewan juri FFPJ 2019terdiri atas 4 (empat) orang dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Praktisi dan/atau akademisi perfilman.
  2. Memiliki kompetensi teknis dan intelektual dalam bidang perfilman
  3. Diutamakan memiliki pengalaman sebagai juri lomba film tingkat kab./kota, provinsi, maupun nasional.
  4. Bersedia bertanggungjawab atas keputusannya sebagai anggota dewan juri, mampu bersikap adil, dan tidak berpihak.
  5. Mampu memanfaatkan media situs internet sebagai media komunikasi.
  6. Mampu memberikan tanggapan terhadap karya film yang tidak terpilih maupun terpilih dalam seleksi pada mekanisme on-line

Dewan Juri Festival Film Pendek Jombang 2019 melakukan proses penilaian karya film pendek dari peserta provinsi bersangkutan yang telah di-upload di Youtube.

Kriteria Penilaian

a. Penilaian Substansi Film Pendek

  • Penilaian karya Film dilakukan dengan melihat kekuatan dan kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil film.
  • Penilaian Karya Film meliputi aspek Keindahan (estetika) melalui penyajian berupa: penulisan naskah, penyutradaraan, sinematografi, penyuntingan, dan tata suara
  • Film yang diciptakan mampu membangkitkan rasa kebangsaan (nasionalisme) masyarakat.
  • Film yang diciptakan mampu membangun kesadaran tentang nilai-nilai kebersamaan, kemanusiaan, dan budi pekerti yang luhur.

b. Penilaian Presentasi Poster dan Trailer Film Pendek.

  • Penilaian penyajian trailer film yang informatif dan komunikatif
  • Penilaian substansi poster


Apresiasi / Penghargaan Pemenang

Terbaik 1
Uang tunai senilai Rp. 15.000.000,- dan Sertifikat

Terbaik 2
Uang tunai senilai Rp. 10.000.000,- dan Sertifikat

Terbaik 3
Uang tunai senilai Rp. 7.500.000,- dan Sertifikat

Harapan 1
Uang tunai senilai Rp. 5.000.000,- dan Sertifikat

Harapan 2
Uang tunai senilai Rp. 2.500.000,- dan Sertifikat

Harapan 3
Uang tunai senilai Rp. 1.000.000,- dan Sertifikat

LOMBA DESAIN POSTER DIGITAL BULAN GUS DUR 2019
 


LATAR BELAKANG
Bulan Gus Dur (BGD) 2019 adalah bentuk kegiatan untuk menghormati mendiang KH. Abdurrahman Wahid atas dedikasi, integritas, dan pengabdian kepada bangsa. BGD 2019 adalah refleksi atassikap dan pemikiran-pemikiran Gus Dur yang plural. BGD 2019 diselenggarakan tgl 7- September 2019 di Jombang dan sepenuhnya diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang yang didukung seluruh lapisan masyarakat.

BGD 2019 diselenggarakan pertama kali dan diharapkan menjadi agenda resmi nasional. BGD 2019 mengusung beragam kegiatan di antaranya konser kebhinekaan, panggung kesenian, pameran ekonomi kerakyatan, seminar kebangsaan, pawai budaya, doa bersama lintas agama, temu komunitas, dan sebagainya. Tema BGD 2019 adalah Merawat Keberagaman dan Toleransi.

BGD 2019 memiliki sasaran untuk mempromosikan potensi Kabupaten Jombang sekaligus menandai Bulan Berkunjung Jombang(BBJ) 2019. Momentum BGD 2019 diharapkan akan menguatkan visi Pemkab Jombang yang berkarakter dan berdaya saing. BGD 2019 juga bertujuan untuk menguatkan kesadaran identitas kultural masyarakat Jombang yang diversity. Berdasarkan sasaran dan tujuan itulah menjadi dasar diselenggarakannya lomba desain poster digital oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Jombang.

LINGKUP KARYA DAN PESERTA LOMBA
Lomba desain poster digital BGD 2019 adalah kompetisi desain poster dalam wujud digital untuk umum. Poster merupakan medium komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan yang singkat tetapi padat dan impresif karena ukurannya yang relatif besar. Desain poster digital yang dimaksud adalah karya poster dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian di pindai (scan) atau difoto digital agar berwujud digital. Tujuan digitalisasi ini adalah agar mempercepat, mempermudah dan mengurangi pengeluaran biaya pencetakan. Walaupun bentukan akhirnya adalah digital tetapi peserta lomba dianjurkan untuk melakukan penilaian ulang mengenai faktor ukuran sebenarnya dari poster tersebut, yaitu setara dengan 60×90 cm.

OBJEK LOMBA
A. Tema poster:
“Merawat Keberagaman dan Toleransi”

B. Latar belakang tema:
Keberagaman dan toleransi adalah kekayaan Indonesia yang tak ternilai.Hal tersebut tertuang dalam Pancasila yang memiliki nilai-nilai yang harmoni tentang kehidupan beragama dan budaya yang beragam. Keragaman ini menjadi modal kekuatan sekaligus menjadi tameng dari serangan yang ingin memecah belah keutuhan bangsa.

Dengan Pancasila, jiwa orang Indonesia terbentuk menjadi manusia yang harmonis dan toleran. Itulah kekuatan Pancasila dan telah dibuktikan sejak dari zaman kemerdekaan hingga sekarang.
Karena itu bangsa Indonesia harus terus memperkuat persatuan sekaligus pemahaman atas nilai-nilai keberagaman dan toleransi.

Sejalan dengan pemikiran-pemikiran Gus Dur tentang keberagaman, toleransi, dan kebhinekaan, maka upaya untuk mengingat dan menyegarkan kembali spirit dan nilai-nilai perjuangan Gus Dur menjadi sesuatu yang niscaya.

Melalui lomba desain poster digital ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada seluruh lapisan masyarakat tentang nilai-nilai keberagaman dan toleransi yang telah tertuang dalam Pancasila dan sikap serta pemikiran-pemikiran Gus Dur. Lomba desain poster digital ini juga merupakan salah satu sarana promosi dan publikasi untuk memperkenalkan dan menguatkan identitas kultural masyarakat Jombang dengan beragam potensinya, dengan harapan dapat menarik perhatian dan minat masyarakat untuk berinvestasi sehingga tujuan menjadikan BGD 2019 sebagai kegiatan yang akan sarat nilai filosofi, edukasi, ekonomi, budayayang tinggi dapat terwujud.

Untuk itulah kegiatan BGD 2019 mengajak peserta lomba desain posterdigital menuangkan ide kreatifnya untuk mendesain sebuah karya poster dengan tema Merawat Keberagaman dan Toleransi.

C. Target peserta:
Pelajar, Mahasiswa, dan Umum.

D. Tujuan Lomba:

  1. Penyediaan materi publikasi kegiatan BGD 2019.
  2. Menumbuhkembangkan salah satu sektor ekonomi kreatif.
  3. Mendorong peran serta seluruh elemen masyarakat dalam menginisiasi gerakan Bulan Gus Dur sekaligus menetapkan bulan september adalah Bulan Berkunjung Jombang.

E. Anjuran:
Peserta lomba dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema lomba,membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi serta mengkaji manfaat desain dan fungsi desain.

TEKNIK LOMBA
A. FORMAT KARYA POSTER
Karya asli, dibuat dengan format RGB, Tiff ukuran 3543 X 5315 Pixels (setara dengan 60 x 90 cm, 150 pixels/inch), posisi vertikal.

B. KETENTUAN KARYA

  1. Teknis dan gaya visualisasi bebas, orisinal, asli 100% buatan sendiri dan tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan atau jiplakan).
  2. Apabila ada pembuktian pelanggaran ketentuan ini karya akan dianulir dan atau dibatalkan penghargaannya.
  3. Karya bisa berupa hasil kerja individual atau kolaborasi dengan mengatasnamakan salah satu individu yang terlibat penuh dan memenuhi persyarakatn sebagai peserta
  4. Karya bisa dibuat dengan menggunakan program grafis di komputer atau dibuat/digambar secara manual kemudian discan atau di foto digital sehingga berwujud digital
  5. Hak cipta seluruh karya yang diterima panitia merupakan milik masing-masing peserta.
  6. Panitia penyelenggara dan pihak sponsor berhak mempublikasikan karya tersebut dalam berbagai media dan bentuk dengan memberi informasi atau kredit pemilik hak ciptanya.

C. KETENTUAN ISI PENGIRIMAN KARYA
Karya dikirim melalui surel dan surat konvensional.

Paket pengiriman melalui surel:

  1. Karya asli.
  2. Scan ktp/kartu pelajar atau mahasiswa.
  3. Formulir registrasi lomba yang sudah diisi lengkap.

Paket pengiriman melalui surat konvensional:

  1. 1 buah CD berisi karya asli.
  2. 1 buah print out karya pada kertas A4 tebal.
  3. 1 formulir registrasi lomba yang sudah diisi lengkap.
  4. 1 buah copy ktp/1 buah copy kartu pelajar atau mahasiswa

Formulir lomba dapat diunduh di web site jombangkab.go.id atau mengambil langsung ke kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang pada jam kerja (07.00-15.00 WIB).

Tulis “LOMBA DESAIN POSTER DIGITAL BGD 2019” pada judul surel dan sudut kiri atas amplop serta amplop tidak digulung/dilipat.

D. WAKTU DAN ALAMAT PENGIRIMAN KARYA
Pengiriman karya dilakukan mulai tanggal 14 Mei – 14 Juni 2019. Karya dikirim ke alamat surel diskominfo@jombangkab.go.id dan surat konvensional Panitia Lomba Desain Poster Digital BGD 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jombang, Jln. Pattimura No. 92 Jombang pada jam kerja (07.00-15.00 WIB).Proses seleksi administrasi dilakukan pada tanggal 17-18 Juni 2019.

PENJURIAN
Seluruh karya terkirim akan mendapat kesempatan dinilai oleh dewan juri, satu nama peserta hanya punya kesempatan untuk mendapat 1 penghargaan. Dewan juri terdiri dari praktisi komunikasi, pakar desain senior, dan akademisi. Proses penjurian dilakukan pada tanggal 20-21 Juni 2019. Penentuan poster terbaik dan favorit dilakukan pada tanggal 1 Juli 2019 yang diumumkan melalui website jombangkab.go.id.

Hal yang dijadikan dasar penilaian adalah:

  1. Orisinalitas karya.
  2. Kesesuaian tema dan konsep desain.
  3. Lingkup kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam menyampaikan pesan
  4. Inovasi serta sisi artistik penyajian visual

PENGHARGAAN
Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan apresiasi dalam bentuk sebagaiberikut:

  1. 5 Poster terbaik masing-masing mendapatkan uang tunai 5.000.000 rupiah.
  2. 10 poster favorit masing-masing mendapatkan uang tunai 500.000 rupiah.
  3. Semua poster terbaik dan favorit akan mendapat sertifikat.

Karya poster terbaik maupun favorit akan dipamerkan (dalam bentuk baliho) di kegiatan BGD 2019 tgl 7-September 2019 di lokasi kegiatan pembukaan.

Kontak Kami

DINAS KOMINFO KABUPATEN JOMBANG
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
Jalan Pattimura No.92 Jombang

Telp / Fax : (0321) 879913
Website: www.ppid.jombangkab.go.id
Email: ppid@jombangkab.go.id

LAYANAN CHAT